Thursday, December 1, 2016

Recommended : Buku Parent Think by Mona Ratuliu

Hallo brothers and sisters .. 

Postingan hari ini, awal Desember, dimana bulan Desember ini seperti bulan favoritnya kebanyakan orang yah .. terlebih buat yang menantikan perayaan hari Natal dan tahun baru :) 

Well, kali ini saya pengen sharing tentang buku ParenThink by Mona Ratuliu. Ada apa dengan buku ini sampe saya bilang recommended ? 

Pertama, saya ini jarang sekali baca buku tentang parenting, dan ini buku kedua saya tentang parenting dan udah cukup lama juga pengen beli tapi ga sempet mulu ke toko buku. Buku pertama tentang parenting yang saya beli adalah hypnoparenting. Selebihnya saya lebih sering browsing aja di internet. 

oh iya, selain buku, Mona juga menyediakan banyak informasi di website http://monaratuliu.com/ dan buat yang pengen gabung di milis parenthink silakan kirim email ke  Parenthink-subscribe@yahoogroups.com 

Alasan saya beli buku ini adalah karena isi nya. Isinya lebih banyak sharing pengalaman Mona sendiri sebagai orangtua. Kesadarannya akan pola asuh yang salah. Kesadarannya untuk minta maaf dan memperbaiki hubungannya dengan anaknya. Tips-tips dan juga informasi lain buat pembaca yang menurut saya sih bisa di terima oleh akal dan bisa dicoba juga. Tetapi, seperti kata MOna,bahwa pola asuh itu ga bisa kita samakan, ga bisa kita paksakan. Pola asuh saya beda dengan si A atau B, perkembangan anak saya juga beda dengan anak si A atau B. Jadi, jangan langsung ditelen mentah-mentah, harus di pelajari dulu, kira-kira ini cocok ga ya dengan saya sebagai orangtua, cocok ga ya dengan anak saya, kalau mau dicoba ga masalah, tetapi saat kita sadar bahwa ini ga cocok, ya jangan dipaksakan, kita cari lagi win win solution nya. 

Setuju banget dengan Mona waktu beliau bilang, kalau kita mau anak kita seperti apa, ya kita sendiri harus kasih contoh dulu. Jangan cuma nuntut/perintah, kita sebagai orangtua harus jadi panutan terlebih dahulu. Jangan terburu-buru marah atau heran lihat anak ngomel atau marah, coba di inget-inget dulu, kita sendiri sering ngomel atau marah ga .. :p 

So pasti ya, ga gampang jadi orangtua, saya yakin kita semua pasti berusaha dan selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Dan untuk menciptakan sebuah kebiasaan yang baik pun ga ada yang instant, semua butuh waktu. Jadi, sabar, disiplin dan konsisten aja.



Ini bukunya saya beli di Gramedia Pluit Village, pas ada waktu saya bisa jalan sendiri karena suami bersedia nemenin Hillary main di playground, hehehe lumayan :p 

Harganya kalo ga salah ya, sekitar >50ribuan.  Saya suka cara Mona menuangkan informasi dari pengalaman nyata yang memang beliau alami, jadi bukan cuma teori aja. Dan menurut saya, buku ini bisa dibaca kapan aja, siapa aja, bukan cuma untuk orangtua aja. 

Saya sendiri pun masih "berjuang" hehehe anak udah masuk usia 3 tahun, dan saya stay at home mommy, ga pake asisten rumah tangga, banyak tantangan dan kejutan, banyak juga sukacita dan kenikmatan, yang penting adalah saya terus belajar untuk menjadi pribadi  yang lebih baik lagi. Buat para Moms, semangat terus ya, keep positive, ga ada Bad Mommy, semuanya The Best Mommy.

Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat ya.

Be blessed,
@rosita_lim

No comments:

Post a Comment