Thursday, December 29, 2016

Resep Sop Singkong Kalimantan

Ga ada bosen2nya deh sama ini 😅 





Sop singkong kalimantan ala saya ( belom nemu resep aslinya.. ini yang biasa saya bikin trus kebanyakan bahannya pake kira2 aja 😂😅 )

Bahan : 
1kg singkong
1 bks mie telor
1 bks soun ( uk sedang )
6 bh baput
1 bh babom (klo mau ganti bamer jg boleh)
Garam, merica secukupnya
Kaldu secukupnya ( saya pake kaldu jamur )
Kunyit ( kira2 aja ya.. saya pake 1 yg agak besar )
Air ( saya juga ga takar nih.. jadi kira2 aja ya, banyakan juga gpp, tinggal koreksi rasa aja )
Kayu manis ( saya biasa pake 1 aja seukuran jari kelingking )
Cengkih secukupnya ( 4-5 buah cukup )
Pala secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Untuk pelengkap :
Bawang goreng
Ikan teri goreng
Kacang tanah goreng
Jeruk sonkit ( klo ga ada, boleh pake cuka )
Sambel
Kecap manis
Kecap asin

Cara : 
Mie telor di rebus hingga lunak, angkat dan tiriskan. 
Soun di rendam air hangat hingga lunak, angkat dan tiriskan. 
Siapkan panci dan masak air, tambahkan kayu manis, cengkih dan pala. 
Baput dan babom di iris kecil, kunyit di tumbuk setengah halus, tumis hingga wangi dan agak layu. Angkat. Dan masukkan ke panci kuah. Tambahkan garam, kaldu, merica sesuai selera. 
Singkong di belah dua dan potong2 sekitar 2-3cm dan masukkan ke panci kuah. Masak hingga singkong lunak. ( biasanya singkongnya saya angkat, agar kuahnya ga cepet kental saat di hangatkan kembali ). Penyajian :
Atur mie telor dan soun dalam mangkok, tambahkan singkong, masukkan kuah. Taburkan bawang goreng, ikan teri goreng dan kacang tanah goreng. 
Untuk sonkit, kecap manis atau asin, dan sambel itu sesuai selera aja ya. 
Klo kebiasaan orang kalimantan itu sukanya kuah yg nano2.. gurih manis asin asem pedes segerrrr gitu hehehe

Selamat mencoba :)

Be Blessed,
@rosita_lim

No comments:

Post a Comment