Tuesday, December 6, 2016

Resep Pie Susu


Masih dengan resep dari website http://www.justtryandtaste.com/

Ini ke-3 kalinya saya bikin pie susu, dan boleh dibilang ini yang paling sukses. untuk kulit pie nya sendiri, resep yg ini enak, garing dan renyah. Untuk isiannya, mirip dengan pie susu bali. Yummy deh !

Pie Susu Bali a la Veggy
Resep diadaptasikan dari Veggy Viarda 

Untuk 1 buah pie dengan loyang bongkar pasang diameter 20 cm atau 20 buah pie dengan cetakan diameter 5 cm

Bahan kulit pie:
- 250 gram tepung terigu protein sedang
- 125 gram mentega (saya pakai merk Anchor), kondisi dingin dan keras dari kulkas, potong-potong ukuran 2 x 2 cm
- 1 sendok makan gula pasir

Untuk adonan susu:
- 3 butir kuning telur
- 1/2 kaleng (200 gram) susu kental manis
- 100 ml air

Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 160'C. Letakkkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan cetakan pie. Anda bisa menggunakan cetakan pie ukuran kecil diamter 5 cm, atau loyang bongkar pasang diameter 20 cm. Olesi cetakan dengan menggunakan margarine. Sisihkan. ( saya pake loyang 20cm )

Membuat kulit pie (crust)

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan potongan mentega. Aduk dan lumuri mentega dengan tepung, kemudian dengan menggunakan pisau pastry cacah mentega yang berlumur tepung hingga menjadi potongan dan butiran kecil. Adonan akan terasa remah dan kering, teruskan mencacah hingga adonan terlihat menggumpal. 

Aduk adonan dengan jemari tangan, gumpalkan hingga adonan menyatu dan tidak ada remah-remah yang lepas. Sisihkan. 

Membuat adonan isi 

Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur. Aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik dan menjadi adonan yang smooth. Masukkan susu kental manis dan air, aduk rata hingga tercampur baik. Saring adonan. Sisihkan. 

Tuangkan sebagian adonan ke dalam cetakan pie, tekan-tekan adonan dengan ujung jari dan tutupi seluruh permukaan cetakan. Rapikan adonan yang melewati batas permukaan cetakan dengan memotongnya menggunakan pisau. 

Tuangkan adonan isi, jangan sampai penuh, sisakan sekitar 1/2 cm dari permukaan pie. Tusuk gelembung udara yang muncul di permukaan adonan isi dengan tusuk gigi hingga tidak ada gelembung tersisa. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 30 menit atau hingga kulit pie terlihat kuning kecoklatan dan adonan pie tampak mengeras. 

Keluarkan pie dari oven, dinginkan hingga benar-benar dingin di dalam loyangnya. Lepaskan hati-hati dan potong pie sesuai selera. Super yummy!

Ini penampakan pie susu saya :
Masih ketebelan kulit nya, next mau bikin lagi ah :))


Selamat mencoba :)

Be Blessed,
@rosita_lim

No comments:

Post a Comment