Friday, December 16, 2016

Resep Pempek Nasi

Biasanya, kalo ada nasi sisa, digoreng atau dibikin bubur. Nah, ternyata bisa juga loh dibikinin pempek.Hasilnya boleh juga deh.. Asal jangan dibandingin sm pempek ikan asli ya.. heheheh pasti ada beda nya.. karena pempek ikan ya ada rasa ikannya.. klo ini ya ga ada hihihi :p Tapi lumayan kan bisa jadi kreasi lain dari nasi putih sisa ( left over ). Biar ga mubazir :)





Ini resepnya : 

Bahan pempek : 
1 piring nasi
1/2 gelas air putih
1 butir telur
3 siung bawang putih ( dihaluskan )
Garam sesuai selera
Kaldu sesuai selera
2 sdm tepung terigu
400gr tepung sagu

Bahan kuah cuko :
1/2 kg gula merah
1/2 liter air putih
3 siung bawang putih dihaluskan
Cabe rawit sesuai selera aja ya ( dihaluskan )
Ebi sesuai selera ( dihaluskan )

Cara memasak pempek nasi : 
Rebus nasi dgn air sambil ditekan2 hingga nasi melunak dan air berkurang. Masukkan bawang putih yg sdh dihaluskan dgn garam kaldu dan tepung terigu. Aduk hingga rata. Matikan api. Angkat. 
Setelah nasinya hangat, masukkan telur. Aduk rata. 
Masukkan tepung sagu ssedikit demi sedikit hingga adonan rata dan bisa dibentuk sesuai selera.

Rebus air hingga mendidih, masukkan pempek yg sudah dibentuk tunggu hingga mengapung angkat, lakukan hingga adonan habis. Sesudah pempek dingin, Lalu goreng deh.. 

Cara memasak kuah cuko : 
Rebus air dan gula merah. Masukkan bawang putih dan cabe rawit. Aduk dan masak hingga mendidih. Matikan api. Angkat. Ebi boleh dimasukkan langsung ke kuah atau saat mau makan baru ditaburi. 
Pempek nasi siap di santap. 

 #pempeknasi #enak #ngemil #homemade #bikinsendiri #ocitcook #cookingbaking #sukamasak #pempekmodif #cookingstory #berbagiresep #resep_dapurku #resepyummy #resepmakanan #resepid #dapurpemula #belajarmasak

No comments:

Post a Comment