Thursday, December 29, 2016

Tips : Agar putih telur mengembang sempurna

Dulu saya pernah kejadian, pas mau bikin kue lapis susu sama Mama, jadi adonan kuning telur dan putih telur harus di kocok pisah. 

Tanpa babibu, saya main langsung kocok aja putih telurnya pake wadah besar. 5 menit, 10 menit, koq ga ada perubahan ya putih telurnya. Ga mengembang, dan ga berubah warnanya. Wah ada yang ga beres nih, saya pikir. Tiba-tiba, Mama saya bilang, 'Aduh, kamu lupa bersihin dulu ya wadah nya?' 
"Oh Ow ! Emang kenapa Ma ?" 

Lalu Mama saya bilang, putih telur itu ga akan bisa mengembang kalau terkontaminasi oleh lemak. Kemungkinan wadah yang saya pakai itu masih kurang bersih dari lemak. Jadi, next nya harus dipastikan semua nya sudah bersih dari lemak, termasuk wishk mixernya, atau baloon whisk. Gagal total lah akhirnya kue lapis susu nya. Jadinya hanya kocok yang kuning saja, dan membuat lapis legit. 

Nah, beberapa waktu yang lalu, saya kejadian lagi, ( sok percaya diri banget kalo wadah saya udah bersih ), ternyata ada sedikit lemakkkkkkkkkkkkk aja, putih telurnya beneran ga ngembang sama sekali. Waktu itu saya lagi pengen bikin cake sifon kalo ga salah, yah akhirnya gagal lagi. Hahaha ( don't try this at home ya guys... males dan terlalu percaya diri itu harus di lawan hihihihi )

Dan setelah itu saya ga berani lagi deh.. setiap kali mau kocok putih telur, semua peralatan pasti saya cuci lagi, saya pastiin banget kalo udah keset set set !!! 

Oh iya, pernah nonton acara masak2 di afc, kebeneran lagi bikin kue pavlova. Dan chef nya kasih tips, wadah dan whisk di olesi dengan lemon, lalu di keringkan. Katanya lemon bisa mengangkat lemak nya. Yang satu ini sih saya belom coba, maybe next time :) Dan tips lagi, kalau kocok putih telur harus pake kecepatan yang tinggi, tapi jangan sampe over kocok, karena kalo over, teksturnya malah jadi kering. 

Katanya sih cara test putih telur kita sudah sempurna atau belum, coba aja wadah yang berisi kocokan putih telur di balikkan, kalo tumpah ya belum sempurna, kalo ga tumpah, itu berarti sempurna. Sudah pernah coba belum? Kalo saya, udah ! Hahaha iseng banget kan? Penasaran aja sih.. pas cobain ternyata beneran ga tumpah.. *syukur ga tumpah* :p

Well.. 

itu aja tips kali ini. Semoga bermanfaat ya :)

Be Blessed,
@rosita_lim

No comments:

Post a Comment