Monday, December 5, 2016

Resep Selai Nanas Homemade


Berhubung saya lagi pengen banget bikin nastar ala taiwan ( dulu pernah dapet oleh-oleh pinapple cake dan sukaaaak banget ), dan setelah dipikir-pikir, kalo bikinnya pake selai nanas yang dijual di supermarket rasanya kurang nikmat deh.. Mendingan bikin sendiri aja selainya :)

Nah, resep ini juga saya copy dari website http://www.justtryandtaste.com/ 
Blog nya Mba Endang ini emang komplit deh, dan detail banget jelasinnya.. :) yg penasaran, cus langsung menuju blog nya hayooo !!

Ini resepnya yah 

Bahan :
- 2 buah nanas Palembang, cari yang tua namun teksturnya masih keras
- 250 gram gula pasir
- 4 butir cengkih
- 2 batang kayu manis


Cara :

1. Kupas nanas, buang matanya dan cuci bersih. Parut nanas, buang bagian tengahnya yang keras. Peras parutan nanas sehingga jusnya terpisah dari daging buahnya. Sisihkan jusnya, kita akan memasukkan jus nanas secara bertahap saat selai dimasak. Cara ini akan membuat cairan pada selai tidak meloncat kemana-mana sehingga mengotori kompor dan dinding dapur.

2. Masukkan perasan parutan nanas di wajan atau panci (anti lengket lebih baik), 1/2 bagian gula pasir, cengkeh dan kayu manis. Masak dengan menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk dengan spatula kayu hingga parutan nanas mengering dan membentuk satu bola adonan. Kecilkan api kompor dan teruskan mengaduk.

3. Jika parutan nanas yang dimasak terlihat mengering, sesekali tuangkan jus nanas ke dalamnya sedikit demi sedikit dan teruskan memasak dan mengaduk. Lakukan hingga jus nanas habis digunakan. Masukkan sisa gula sedikit demi sedikit hingga tercapai tingkat rasa manis yang diinginkan. Gula akan habis terpakai jika proses memasak selesai.

4. Ketika selai terlihat mulai pekat dan membentuk caramel, kecilkan api kompor, terus aduk selai hingga menjadi adonan yang lengket dan berwarna coklat keemasan, kira-kira membutuhkan waktu 1 - 1 1/2 jam. Buang cengkeh dan kayu manis. Biarkan selai mendingin, kemudian masukkan dalam wadah tertutup rapat dan simpan di kulkas. Selai nanas ini sedap untuk bahan isian nastar atau olesan roti dan kue kering lainnya.



Nah, ini penampakan selai nanas saya :)



Selamat mencoba ya :)

Be Blessed,
@rosita_lim

No comments:

Post a Comment