Wednesday, November 30, 2016

Resep Soto Ayam Kuah Bening

Ini juara banget rasanya...  Biasanya suami saya suka request soto kuah santan, sudah beberapa kali masakin, kadang saya mix santan dan susu, dan favorit banget deh. Trus pertimbangannya kalo kuah santan terus kan ya kurang sehat juga, akhirnya saya bilang cobain yang kuah bening aja yuk, makannya juga lebih tenang hahahaha ga ngeri kolesterol dll ... udah gitu, buat anak-anak juga aman banget. 


nih resepnya yah.. Ini resep yg saya dapet dari cookpad Devi Ruviyani tapi saya modif2 sdikit :)


Bahan-bahan
4 potong dada ayam ( saya pake 1 ekor ayam utuh potong 4 )
1 bks sohun ( saya ga pake )
secukupnya kol
secukupnya tauge ( saya juga ga pake )
1 buah tomat ( saya pake buanyak hehe kayanya 6 deh )
telur ayam rebus
secukupnya daun bawang dan seledri

Bumbu ( semuanya pake perasaan alias kira2 aja ya )
bawang merah
bawang putih
merica
kunyit
lengkuas
daun salam
daun jeruk
bawang bombay, iris tipis ( saya ga pake ini kelupaan ๐Ÿ˜ )




Cara :
Di resep asli ayamnya direbus pake air dan garam. 

Kalo saya, tumis bumbu yg ud diblender sampe harum lalu dimasukkan ke air yg sudah mendidih. Kemudian ayamnya di rebus sampe mateng trus saya angkat, dan saya goreng sebentar  (stir fry ) ayamnya pake minyak super sedikit cuman biar kecoklatan sedikit aja, angkat, dinginkan lalu suwir2, sisihkan. Untuk kuahnya dikoreksi rasa ya.. garam, gula dll.. kalo saya pake garamnya sedikit.. saya campur dgn kaldu jamur. 


Trus penampakan soto saya ada kentang krn ada sisa kentang jadi saya cemplungin aja ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ di resep asli ga ada.. 


Penyajian : susun kol, tomat, telur rebus, ayam suwir, daun bawang seledri, lalu siram dgn kuah panas.. mmmh enaaak :) 


๐Ÿ˜Š#ocitcook #cookwithlove #homecook#homemade #sotoayambening#resepsotoayambening #doyanmasak#belajarmasak #masakanindonesia#indonesianfood #sotoayamenak#firsttrial #sukses #enak #delicious#happycooking #yukbelajarmasak

No comments:

Post a Comment